Cara Melihat Peluang Usaha Untuk Memulai Bisnis

Cara Melihat Peluang Usaha Untuk Memulai Bisnis

CEO Klinik Bisnis Monica Putri Rasyid menyebutkan, hadirnya Kelas Klinik Bisnis diharapkan mampu menciptakan sobat UMKM yang tangguh dan mandiri dalam menjalankan usahanya. Oleh karena itu, memiliki rencana yang matang sebelum memulai bisnis sangatlah penting. Hal terpenting merancang rencana bisnis adalah dengan mencantumkan sumber dana yang didapat. Apakah sumber dana berasal dari pribadi, perbankan, atau investor. Dalam hal ini, sumber dana harus dicantumkan sejelas mungkin agar tidak menimbulkan kekeliruan di kemudian hari.

Anda bisa mencari ide bisnis dari pebisnis yang telah sukses. Galilah informasi sebanyak mungkin mengenai bagaimana perjalanan bisnis mereka hingga sampai sukses. Hobi yang selama ini ditekuni ternyata juga bisa dijadikan inspirasi memulai bisnis. Bayangkan saja, saat ini sudah banyak orang yang bisa menghasilkan uang dari hobinya jalan-jalan/travelling, kuliner, hingga hobi unik lainnya.

“Dalam webinar ini nantinya para pelaku UMKM dapat bertukar pikiran bersama para pengisi materi yang membahas strategi hingga kiat sukses mempromosikan produk melalui digital,” ucap Sagung Antari. Riset membuktikan, keberhasilan suatu gagasan seseorang ditentukan oleh keahlian teknis dan keahlian bagaimana menciptakan interaksi. Keahlian teknis memegang peranan 15-20%, sedangkan sisanya adalah interaksi. Tanpa interaksi, mustahil tercipta kreasi atau prestasi dari suatu gagasan. Maka, keberhasilan suatu gagasan tidak bisa didasarkan dari sudut merah-putih atau benar-salahnya, tetapi dari cara bagaimana gagasan itu diinteraksikan ke pikiran orang lain.

Risiko memang tidak bisa dihilangkan atau dihindari, tapi bisa dikelola. Fokusnya adalah fokus kepada aktivitas yang mendatangkan peluang dan bekerjalah lebih giat untuk memberi nilai lebih. Sebagaimana tidak semua usaha memberikan hasil yang sesuai ekspektasi, begitu juga transaksi bisnis tidak selalu memberikan keuntungan yang signifikan. Ada saatnya harus berani menanggung kerugian untuk menghasilkan keuntungan jangka panjang. Apabila hari ini mengalami kerugian tidak perlu lekas berkecil hati di.

Kamu juga bisa melihat apakah ada peluang bisnis yang bisa dimasuki. Akhirnya, berbagai desain kaos bertuliskan tema Social dan Physical Distancing dia buat. Dia pun menyebarkannya melalui WA Group dan semua media sosial yang dimilikinya.

Selain produk bahan baku, produk-produk kebutuhan dasar seperti makanan, minuman dan kesehatan, masih akan diminati oleh konsumen luar negeri. Dengan catatan, sisi kesehatan dan higienitas harus menjadi syarat utama. Ia pun memprediksi bahwa pasca COVID-19, kecenderungan pasar terhadap produk tertentu akan berubah, terutama untuk ekspor. Pasalnya, karena sekarang masing-masing negara memiliki fokus ekonomi sendiri, tentunya yang akan diprioritaskan adalah produk-produk bahan baku untuk industri yang ada. Bisnis syariah memang bukan hal yang baru dalam dunia bisnis secara umum.

Melihat peluang yang ada

Di sisi lain kata dia, pemerintah sudah mempermudah perizinan usaha lewat UU Cipta Kerja. “Penerapan digital advertising harus diimplementasikan untuk setiap pengusaha karena semua sudah bergerak di digital,” kata Bagas. Sebagian besar program-program baru hilang dalam waktu tiga tahun.

Comments are closed.