Empat Kiat Sukses Meneruskan Bisnis Keluarga

Empat Kiat Sukses Meneruskan Bisnis Keluarga

Anda harus siap menghadapi persaingan agar bisnis tersebut tetap eksis. Anda dan enterprise companion Anda memang dianjurkan untuk tidak melakukan hal yang sama di dalam perusahaan, terutama saat Anda memulai. Anda tidak akan memiliki cukup uang untuk mempekerjakan orang lain, jadi Anda perlu fokus untuk memecahkan masalah yang berbeda. Kemitraan bisnis memiliki banyak keuntungan – mereka memungkinkan pengusaha untuk menggabungkan berbagai talent units, dan juga untuk berbagi biaya dan risiko startup satu sama lain.

Namun, beberapa hal juga bisa menjadi kelemahan dalam menjalani bisnis keluarga. Family business biasanya menempatkan anggota keluarga sendiri untuk menduduki jabatan-jabatan atau posisi tertentu dalam perusahaan. Namun ada baiknya jika kita tetap memandang posisi jabatan secara profesional. Tempatkan anggota-anggota keluraga di posisi-posisi yang tepat sesuai dengan bidang dan kemampuan mereka.

Kesemua ilmu pengetahuan ini sudah dipelajari oleh mahasiswa yang mengambil program studi-program studi yang ada pada Fakultas Ekonomi. Sementara pada tiap-tiap program studi yang ada pada perguruan tinggi selain Fakultas Ekonomi juga memuat kurikulum kewirausahaan sesuai dengan anjuran pemerintah. Orang Jepang melihat uchi dalam dua makna tadi, yaitu dalam dan rumah. Karena konsep uchi ini membawa orang Jepang pada bagian dari dalam dirinya maka perusahaan di sana bukan hanya sekedar tempat bekerja, namun juga sudah menjadi rumah. Bagi mereka orang-orang Jepang, perusahaan adalah sebuah keluarga besar.

Namun saat ini banyak dari generasi ketiga konglomerat Indonesia ini sudah cukup exist dikalangan pebisnis dan ekonomi Indonesia. Meraka mulai tampil sebagai eksekutif menwakili perushaan keluarga. Dengan persiapan yang lebih lama, jikalau ada kondisi yang mengharuskan ahli waris untuk tiba-tiba menggantikan posisi Anda, mereka sudah dalam kondisi siap untuk melanjutkan.

Dari puluhan peserta yang ikut pelatihan, hanya dua orang yang diterima, salah satunya Johannes. Saleh Husin lahir di Rote, Nusa Tenggara Timur, 16 September 1963 dari pasangan H. Masa kecil Saleh dihabiskan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur . Untuk menopang biaya hidup keluarga, Saleh tidak segan untuk menjual kue dan ikan. Hamzah melobi untuk membayar 75 juta dulu sisanya yang a hundred juta untuk dicicil.

Melanjutkan usaha keluarga

Saat bisnis sedang sulit, biasanya money flow rumah tangga kena imbasnya. Yang dulunya bisa ke mall setiap minggu, atau berlibur ke setahun dua kali, sekarang harus dikurangi, atau bahkan dihapuskan sama sekali demi berhemat untuk keuangan usaha. Selain kualitas, mereka mengedepankan kepuasan pelanggan dan pelayanan yang bersahabat dengan konsumen mereka. Dengan dua faktor kunci ini, RJ Balson & Son dapat menghadapi persaingan serta tantangan dan perubahan gaya hidup meski terjadi perubahan zaman. Anda pun dapat mengkomunikasikan rencana tersebut dan mencari persetujuan dari anggota keluarga lainnya.

Kepemimpinan yang otoriter sering menelurkan kebijakan yang tidak strategis karena menganggap sepi segala kritik dan saran. Kepemimpinan tipe ini sering membuat perusahaan kedodoran mengantisipasi kompleksitas bisnis dalam jangka panjang. Artinya mereka gagal menciptakan struktur organisasi dan sistem yang tepat. Mereka pun gagal merekrut talenta-talenta profesional dari luar keluarga dan membangun kebijakan SDM yang unggul. Meskipun demikian, besaran iuran tambahan yang harus Anda bayar akan berubah jika orang yang ingin didaftarkan bukan termasuk keluarga inti (pasangan, anak, orangtua/mertua).

Ambisinya hanya satu, membawa perusahaan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat serta membawa keuntungan bagi segenap karyawannya. Bagaimana pun dan apapun yg terjadi anggota keluarga akan menempati posisi-posisi penting, padahal belum tentu mereka ahli di bidangnya. Bila ingin tetap bertahan di perusahaan tersebut, ada baiknya Anda melakukan pendekatan dgn atasan. Bukan untuk menjilat, tapi komunikasi secara intensif agar pekerjaan berjalan lancar. Namun, Ihin lebih serius terlibat dalam pengelolaan bisnis keluarga sejak tahun 2000. Kebetulan saat itu dia telah bermumur 21 tahun dan lulus dari Jurusan Bisnis Internasional Universitas Duke, AS. Lalu, sang ayah memberinya kepercayaan mengelola Mal Ratu Indah di Makassar.

Anak dapat melihat, mengalami dan merasakan suasana kondusif keluarga yang dapat memungkinkan proses pertumbuhan iman mereka. Dalam hal ini, disiplin dan komitmen yang kuat amat di butuhkan. Hal itu juga, kata dia, erat kaitannya dengan penerimaan ”Otoritas” orang tua sebagai pendidik. ”Anak yang menerima otoritas orang tua, akan melakukan tugas-tugas yang diinginkan dari padanya. Bila sudah terbiasa akan ”otoritas” orang tua, maka pada tahapan pendidikan selanjutnya, otoritas guru di sekolah juga dapat diterimanya”. Dalam hal ini sikap konsisten orang tua dan juga para pendidik lainnya amat berperan terhadap penerimaan anak terhadap otoritas orang tua.

Jika perlu, Anda bisa meminta untuk melakukan pendampingan dalam berusaha agar bisa lebih maksimal. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu mencari tahu akan hal baru akan berguna bagi para pengusaha. Dari rasa ingin tahu yang tinggi inilah Anda akan mendapatkan pengetahuan baru dan ilmu baru yang bisa Anda jadikan bekal untuk menjalankan usaha Anda.

Comments are closed.