Kemampuan Mengatur Diri Sendiri Kemampuan Untuk Berefleksi Rangkuman

Kemampuan Mengatur Diri Sendiri Kemampuan Untuk Berefleksi Rangkuman

Jika Anda akrab dengan kondisi di atas, Anda mungkin termasuk orang yang susah mengendalikan emosi. Barangkali juga Anda merasakan dampak negatif emosi tersebut seperti stres, tekanan darah tinggi, serangan jantung, gangguan tidur, stroke, atau gangguan pernapasan . Saat melihat harga berbagai macam barang dan kebutuhan naik, wajar bila kita kemudian merasa stres dan tertekan. Pusing saat harus mengatur penghasilan atau pemasukan supaya bisa mencukupi semua yang kita butuhkan. Kalau malah terlalu stres dan tertekan, yang terjadi kita malah kesulitan mengatur keuangan kita.

Mengatur diri sendiri

Setiap orang memiliki jalan hidup, keberuntungan, dan kebahagiaan masing-masing. Terlalu kritis pada diri sendiri akan meningkatkan degree stres. Tingkatkan dan syukuri kelebihan Anda, dan maafkan kekurangan diri Anda. Jangan ngomel-ngomel atau panik berkepanjangan saat muncul masalah. Tenangkan diri, atur napas, cobalah untuk fokus mencari solusi terbaik dari setiap masalah. Anda harus tetap fokus bahwa Anda sedang mencoba mencari solusi masalah.

Yang terpenting dan harus selalu diingat adalah dengan mengelola diri sendiri maka Anda akan semakin memahami worth dan arti sukes. Dengan keberhasilan Anda menaklukan diri sendiri, maka Anda pun akan semakin siap menjalankan bisnis. Menjadi seorang pengusaha menuntut Anda untuk mampu bekerja sama dalam tim. Memiliki sikap tertutup, menyendiri menunjukkan Anda tidak siap menghadapi sesuatu yang tidak dapat Anda tangani atau kendalikan. Belajarlah untuk berkomunikasi dengan orang lain, membangun jaringan dan berkontribusi.

Jangan pernah melakukan suatu kegiatan diluar batas kemampuan dan kesanggupan kita. Supaya kegiatan atau pekerjaan tersebut dapat terselesaikan dengan mudah. Karena jika kita menyanggupi semua kegiatan atau pekerjaan akan membuat kita menjadi stres dan merasa terbebani, ambillah suatu tugas yang memang kita sanggup untuk menyelesaikannya. Meningkatkan kecerdasan emosional mungkin butuh waktu dan proses belajar yang panjang. Jika kita bisa berusaha, bukan tidak mungkin kalau mengontrol diri menjadi hal yang mudah.

Bertemu dengan orang-orang terdekat, penting untuk kesehatan psychological Anda. Sehingga, meski sedang sibuk mengejar mimpi, selalu sisihkan waktu bersama orang-orang yang bisa menjadi sumber energi Anda. Salah satu cara melatih psychological yang penting dilakukan adalah belajar mengeevaluasi diri sendiri.

Comments are closed.