Menciptakan Lapangan Kerja Masa Depan

Menciptakan Lapangan Kerja Masa Depan

Salah satu caranya ialah dengan memperbanyak program-program padat karya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan di daerah. Presiden Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia Saepul Tavip menilai omnibus law akan mempengaruhi kebijakan sektor ketenagakerjaan. Karena itu, Tavip menyebut organisasinya mengusulkan sedikitnya 10 hal untuk omnibus regulation RUU Cipta Lapangan Kerja. Pertama, keinginan pemerintah untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya perlu didukung. Ketua satuan tugas Omnibus Law Cipta Kerja dan UMKM Rosan Roeslani mengatakan, tujuan utama rancangan aturan lapangan kerja dan UMKM adalah untuk menciptakan lapangan kerja dengan membangun iklim investasi yang sehat, industri yang kuat, dan mendorong partisipasi UMKM. Oleh karenanya Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya untuk sesegera mungkin membuka seluas mungkin lapangan pekerjaan untuk menolong masyrakat yang ter-PHK karena lumpuhnya dunia usaha.

“Di tengah-tengah gejala deindustrialisasi, suatu kepentingan yang harus bisa kita tegakkan adalah melindungi kepentingan nasional dengan memperbesar domestic coverage kita guna melindungi industri-industri yang ada di dalam negeri,” kata Hasto. Dampak dari krisis world yang paling nyata adalah terjadinya gelombang pemutusan hubungan kerja di sektor industri. “Kami sangat mengkhawatirkan bahwa persoalan-persoalan dampak krisis global yang akibatnya bisa kita rasakan dalam bentuk pengangguran yang lebih besar, dalam bentuk kemiskinan yang makin besar,” ujar Hasto. Lebih jauh, Hasto menegaskan bahwa pemerintah harus mengambil langkah-langkah perbaikan untuk menghadapi krisis global. Menurutnya tanpa ada perbaikan sektir perekonomian maka pemerintah akan semakin sulit mengatasi krisis global. “Tanpa ada pendekatan struktural, reformasi struktural di dalam menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan pokok perekonomian kita maka kita yakin bahwa dampak-dampak krisis international ini akan semakin berat untuk kita atasi,” jelasnya.

Kebijakan yang dikembangkan untuk mencapai sasaran tersebut meliputi penghapusan monopoli usaha pengangkutan, perbaikan iklim kompetisi dalam penyediaan sarana transportasi, peningkatan kualitas SDM di bidang transportasi termasuk manajemen. Kingman juga turut membantu membuka lapangan kerja di Indonesia disaat pandemi ini dengan memproduksi seluruh produknya di Indonesia. Walaupun produksi lokal , tapi Kingman mampu memproduksi produk-produknya dengan kualitas ekspor.

Kebijakan ini dilakukan melalui pemberian fasilitas dan dorongan pembangunan yang lebih besar di luar Jawa dan daerah pedesaan. Oleh sebab itu, Presiden kembali mengingatkan pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan dan dukungan penuh bagi dunia usaha yang hendak melakukan investasi. Apabila hal demikian dapat dilakukan, maka pemulihan ekonomi daerah dan nasional diyakini akan dapat dengan mudah dilakukan. Untuk membuka lapangan pekerjaan yang lebih besar, Indonesia harus memperbanyak jumlah pengusaha.

Termasuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi sebagai salah satu pilar dalam menekan angka penularan COVID-19. Dalam hal ini, Sandiaga menyatakan siap mendukung berbagai program yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ke depan. Tidak hanya dengan pemerintah, namun juga mengkolaborasikannya dengan dunia usaha. yup, semakin kurangnya jumlah lapangan kerja harusnya kita yang sadar membuat lapangan kerja sendiri. Pembentukan Pansus itu diusulkan karena Fahri dan Fadli curiga penerbitan Perpres TKA bermaksud mendorong masuknya banyak pekerja asing ke Indonesia. Keduanya menilai Perpres itu melanggar undang-undang dan merugikan tenaga kerja domestik.

Dunia membutuhkan lebih banyak pengusaha, permasalahan ekonomi saat ini mendorong kita untuk menjadi seorang Pengusaha Baru, yang terinspirasi untuk menciptakan sesuatu yang baru, terinspirasi untuk berinovasi, dan terinspirasi untuk membangun sebuah dunia yang baru. Sebuah dunia di mana inspirasi menghasilkan suatu inovasi, inovasi membuahkan suatu inspirasi baru, begitu seterusnya hingga akhirnya terciptalah hal-hal baru, dengan cara baru, dan untuk alasan baru. Ekspor sektor perikanan, salah satu dari sedikit sektor yang masih moncer di tengah pandemi.

Disayangkan belum dilakukan secara kelembagaan, misalnya membentuk asosiasi atau sejenis koperasi bagi mantan TKI. “Adanya asosiasi ini harapannya mantan TKI ini tidak berkeinginan kembali menjadi TKI lagi,” imbuhnya. Sementara itu, Pribadi Setiyanto selaku Chairman of the Executive Board Prestasi Junior Indonesia mengatakan, pada penyelenggaraan yang kedua ini, pihaknya melihat adanya peningkatan minat dari kaum muda Papua untuk berpartisipasi.

Tidak hanya itu sebagian yang lain tidak hanya mendapatkan lapangan kerja tetapi juga menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 22 s.d 24 November ini diharapkan bisa menjadikan Kalimantan Selatan yang lebih sejahtera dengan menciptakan lapangan kerja bagi seluruh masyarakat. Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor dalam sambutannya menyampaikan, hak untuk memiliki pekerjaan adalah hak asasi yang melekat pada diri seseorang. Pemerintah terus berupaya untuk menciptakan lapangan kerja melalui pertumbuhan ekonomi, peningkatan investasi dan peningkatan pembangunan agar tersedianya lapangan kerja. Anda akan menjadi seseorang yang didewakan alias diidam-idamkan karena berhasil membuka lapangan kerja. Banyak orang yang hanya bisa mencari kerja untuk dirinya sendiri, itupun harus bersusah payah.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Namun, sebaliknya kita harus mampu bagaimana agar kita tetap bekerja dan tidak hanya bergantung pada industri dan perusahaan tersebut,” terangnya. Begitu juga furniture, bisa kita kembangkan dari tukang yang bisa membuat dengan gunakan alam yang ada” ujar Mama Yos anggota sekolah perempuan Mosintuwu, angkatan III. Menggunakan pasir yang tersedia di sungai di Desa Taliwan, Mama Yos membuat batu-bata untuk bahan bangunan. Selain itu batu bata buatannya berhasil memenuhi kebutuhan bangunan di desa bahkan di luar desa. Sektor-sektor yang berpotensi untuk menciptakan lapangan kerja yang ramah alam adalah sektor energi terbarukan, sektor teknologi efisiensi energi, industri pengelolaan limbah, industri daur ulang, dan industri yang terkait dengan upaya pemulihan dan pelestarian lingkungan.

Intinya, saya ingin menyediakan tempat yang kreatif maupun inovatif untuk anak-anak muda dalam mengembangkan dirinya. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono menjelaskan naskah akademik dan draft RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja terus dikebut pembahasan internal finalisasi antar kementerian/lembaga dan stakeholders terkait, termasuk akademisi dan dunia usaha. Draft itu telah dibahas selama 2,5 bulan dan bis diselesaikan minggu depn dan diserahkan ke DPR RI, 21 Januari 2020.

Comments are closed.