Pentingnya Jaga Kualitas Tidur Melalui Olahraga Saat Pandemi

Pentingnya Jaga Kualitas Tidur Melalui Olahraga Saat Pandemi

Cara utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur adalah mengatur waktu tidur. Mengutip laman Medical News Today, sebuah penelitian menemukan bahwa sejumlah pekerja yang tidur lebih lambat mengalami depresi dan pikiran negatif lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur lebih cepat. Setelah mengetahui ragam jenis gangguan tidur, tanda hingga gejalanya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Selain bisa berkonsultasi dengan dokter, dengan melakukan deretan di bawah ini, bisa membantu memperbaiki kualitas tidur.

Tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Tidur juga membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Aktivitas fisik teratur mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit. Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 paling efektif untuk mencegah penyebaran atau penularan virus ini. Awali dengan membasahi kedua telapak tangan menggunakan air mengalir.

Berikut 5 cara menjaga kualitas tidur agar tubuh tetap sehat serta senantiasa bahagia selama menjalankan ibadah puasa. Pemberlakuan new normal dapat menuntut Anda untuk kembali menjalankan aktivitas, meski di tengah pandemi yang mungkin bisa membuat stres. Stres akan memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga dapat menyebabkan sakit.

Ini adalah dampak dari ketidakpastian dan rentetan informasi yang kita peroleh,” ujar Rosen. Cuci tangan Anda sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda bersentuhan dengan mata atau mulut. Bila ingin mengonsumsi produk herbal, beberapa bahan alami yang dapat Anda pilih adalah jahe , daun mint , dan daun sembung . Ketiga bahan ini sudah terbukti efektif untuk mengatasi keluhan masuk angin. Selain risiko terkena infeksi, risiko untuk terkena gangguan pencernaan, seperti masuk angin, juga akan meningkat.

Saat bekerja tentu kita fokus untuk menyelesaikan semua pekerjaan di kantor agar cepat beres sehingga membuat kita tidak sadar akan pentingnya menjaga kondisi kesehatan kita. Sering di saat Anda terlalu fokus pada karir, maka hal pertama yang dikorbankan adalah kesehatan. Padahal semakin sehat badan, semakin sehat pula pikiran, dan semakin sehat pikiran, semakin baik Anda melakukan pekerjaan kantor.

“Makanan dengan nutrisi sehat dan seimbang merupakan senjata melawan virus corona”. Semua cara di atas sudah banyak yang membuktikannya, imun tubuh perlahan meningkat sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit termasuk covid 19. Jika dilihat sekilas, gejala covid memang hampir mirip dengan gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan dan batuk. menganjurkan setiap orang berusia tahun rutin berolahraga minimal 150 Poker Online menit per minggu. Boleh juga dengan mencicil 10 menit untuk 3 kali dalam satu hari atau 2 kali sehari selama 15 menit. Latihan peregangan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, melatih kelenturan sendi, dan memperbaiki postur tubuh.

Terakhir, usahakan jadwalkan waktu mulai tidur malam dan bangun pagi selalu di waktu yang sama agar Anda terbiasa tidur dengan teratur. Pastikan menunya bervariasi dan porsinya tidak kurang atau berlebihan agar semua zat gizi yang penting dapat tercukupi. Aktivitas fisik diartikan sebagai semua gerakan tubuh yang mengeluarkan energi, termasuk selama waktu senggang, untuk berpindah dari dan ke suatu lokasi, atau sebagai bagian dari pekerjaan seseorang. Lakukan manajemen stres supaya tetap tenang dan terkendali menjalani masa sulit di tengah pandemi. Tidak perlu lama-lama, Anda hanya perlu melakukan olahraga kecil selama kurang lebih 10 hingga 20 menit setiap hari.

Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan four kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih. Meski terlihat sepele, kebiasaan tidur yang buruk bisa membahayakan kesehatan Anda, apalagi jika terus dilakukan dalam waktu yang lama. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kualitas tidur yang buruk memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah, sehingga lebih rentan mengalami infeksi. Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti sekarang.

Menjaga kualitas tubuh

Jika kekurangan tidur, kamu bisa merasakan berbagai efek negatif, seperti kelelahan, perubahan temper yang drastis, menjadibolot, bahkan sampai penyakit jantung lho! Namun di saat yang sama, kelebihan tidur pun bisa berujung penyakit, dengan efek samping seperti obesitas, diabetes, sakit kepala, sakit punggung, dan juga depresi. Hal ini dikarenakanunderweightmau punoverweight, apalagi kalau obesitas, mempunyai risiko penyakit masing-masing. Padahal, cairan sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalankan metabolisme di organ-organ penting seperti sel saraf dan otak. Hentikan kebiasaanmu merokok sekarang juga untuk mengurangi potensi infeksivirus corona.

Seperti yang telah saya sampaikan di awal, menurunnya kualitas tidur dari seseorang memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan baik secara fisik maupun mental. Konsumsilah aneka jenis sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka jenis kacang-kacangan, serta paprika. Sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain sayuran, aneka jenis buah juga sangat baik untuk kesehatan, seperti apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur. Buah-buahan ini juga sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani food plan. Berolahraga dan membiarkan tubuh aktif bergerak akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

Comments are closed.